28 Januari 2008

Lowongan Kerja: Control Room Officer

PT Serasi Autoraya adalah perusahaan penyedia jasa solusi transportasi terintegrasi. Di bawah naungan Astra International kami tumbuh dan berkembang bersama pelanggan.
Kini kami melayani lebih dari 1.500 pelanggan dari segmen korporat maupun retail. Kami memiliki 32 cabang dan 36 outlet yang tersebar di seluruh wilayah nusantara.
Sejalan dengan perkembangan bisnis, kami membutuhkan individu-individu yang dinamis dan berkualitas untuk mengisi posisi sebagai berikut:

Control Room Officer (CRO)
Memonitor unit kendaraan menggunakan GPS (Global Positioning Satelite), memandu pengemudi apabila terjadi kasus atau kecelakaan di jalan.
Pendidikan min D3 segala jurusan, IPK min 2,75, bersedia bekerja shift, mengetahui/pernah menggunakan GPS, usia maks. 28 tahun, mengetahui jalur transportasi darat pulau Jawa & Sumatera.

Silahkan datang untuk wawancara dengan membawa surat lamaran, CV, Foto Copy Ijazah, Foto Copy Transkrip Nilai, dan pas photo terbaru uk. 4x6 (1 lembar) pada hari Selasa-Rabu, 29-30 Januari 2008 Pukul 09.00-15.00 WITA ke Grha TRAC Jatim, JL. Raya Jemur Sari No.224, Surabaya.

Note:
-Tuliskan kode posisi pada bagian kanan atas surat lamaran
-Tidak menerima pengiriman berkas lamaran melalui pos
-Posisi CRO hanya datang untuk menyerahkan berkas lamaran

23 Januari 2008

Tips: Hilangkan Bau Kaki


Kaki sering berbau kurang sedap setelah memakai sepatu, terutama bila tidak memakai kaos kaki. Tidak hanya kita sendiri yang merasa terganggu oleh bau tak sedap itu, tetapi juga orang lain yang ada di sekitar. Untuk mencegah masalah itu, lakukan dengan cara berikut: Ambil tiga sendok makan teh, rebus dengan satu liter air hingga mendidih, tuangkan pada ember, setelah dingin masukkan kedua kaki, biarkan selama 15 menit. Lakukan rutin 2 hari sekali. Air teh mengandung zat pewangi sehingga kaki tidak berbau setelah memakai sepatu. Jangan lupa pula selalu memakai kaos kaki dan sepatu sering dijemur.

Source: Ny.Suwantini, Jl. Tampomas Selatan No.19 Semarang 50237 (Majalah Kartini No.2208)

Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/

Tips: Bagaimana Cara Menyimpan Pasta?


Tergantung jenisnya, sebagai berikut:
Pasta Kering, bisa disimpan dalam lemari hingga 1 tahun. Pastikan saja tempat penyimpanannya sejuk dan kering. Selalu pergunakan terlebih dahulu kemasan yang sudah tersimpan lebih lama ketimbang kemasan baru.

Pasta Matang, masukkan pasta matang dalam wadah kedap udara ke kulkas. Pasta akan tahan selama 3-5 hari. Boleh juga, Anda tambahkan sedikit minyak (1-2 sendok the untuk setiap ½ Kg pasta matang) agar pasta tidak lengket. Karena pasta matang akan terus menyerap perisa dan minyak dari saus, simpanlah pasta terpisah dari saus.

Pasta Beku. Pasta jenis ini biasanya merupakan makanan siap saji dan Anda tinggal memanggangnya. Misalnya lasagna. Sebelumnya, Anda harus mencairkan pasta beku itu sampai suhu ruang.

Source: (Majalah Parenting Indonesia, Maret 2007)
Picture: cookarecipe.blogspot.com

Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/

17 Januari 2008

Tips: Menyuburkan Bunga Mawar


Anda penggemar bunga mawar? Tentunya setiap bulan Anda harus mengeluarkan biaya untuk merawat bunga mawar tersebut agar tumbuh subur. Jika tidak mau keluar biaya terlalu banyak, coba saja abu kayu. Tidak percaya? Ikuti langkah mudah berikut ini.
Siapkan beberapa batang kayu, bakar hingga menjadi abu. Kemudian taburkan abu tersebut secukupnya pada akar bunga mawar. Lakukan rutin seminggu sekali. Hasilnya, bunga mawar di rumah Anda akan tumbuh subur. Murah dan mudah, bukan?

Source: Rida, Jakarta (200 Ide Kreatif Seputar Rumah, Pustaka Rumah)
Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/

16 Januari 2008

Lowongan Kerja: Dispatcher

Sejalan dengan perkembangan bisnis, kami membutuhkan individu-individu yang dinamis dan berkualitas untuk mengisi posisi sbb :

Dispatcher (DIS)
Mengatur dan membuat jadwal permintaan kendaraan dan driver sesuai dengan kebutuhan user (customer) dalam rangka menjalin kelancaran operasional customer. Membuat laporan pengeluaran harian driver
Pendidikan min SMU, berpengalaman mengelola driver sebanyak 20-30 orang (min 1 tahun), dapat mengoperasikan computer (Ms. Word/ Excel), usia maks 35 tahun.

Silahkan kirimkan berkas lamaran lengkap anda beserta pas photo terbaru ukuran 4x6 (1 lembar) ke :
HR Rekrutmen PT. Serasi Autoraya
Jl. Mitra Sunter Boulevard Blok C-2 Kav 90 Sunter Jakarta Utara
UP : Budi Suryadi

Paling lambat tanggal 31 Januari 2008

14 Januari 2008

Tips: Stop Diabetes Sebelum Muncul


Tahukah Anda bahwa kebanyakan orang yang mengidap diabetes mellitus type 2 sebenarnya sudah berpotensi mengalami kondisi berbahaya yang disebut prediabetes selama 5-10 tahun sebelum terdiagnosis? Siapa yang berisiko tinggi: Mereka yang kegemukan dan memiliki riwayat keluarga pengidap diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol HDL (“baik”) rendah, serta tinggi trigliserida. Juga Mama yang menderita diabetes saat hamil, kegemukan atau melahirkan bayi yang bobotnya lebih dari 4,5Kg cenderung mengalami prediabetes. Berikut ini cara mengurangi risiko terkena penyakit tersebut:

· Olahraga
Membantu tubuh menyeimbangkan kadar gula darah dan membuat tubuh tetap bugar. Lakukan olahraga berintensitas tinggi selama 30 menit (bersepeda, jogging) atau 60 menit olahraga berintensitas sedang (berjalan) sebanyak 5 kali seminggu.

· Perbanyak Serat
Serat, terutama digabung dengan olahraga dan penurunan berat badan, bisa mengurangi risiko Anda terkena diabetes selama hamil atau diabetes type 2. Sayuran, buah, roti gandum, dan sereal termasuk tinggi serat.

· Batasi Karbohidrat Sederhana
Gula putih dan roti putih bisa meningkatkan kadar gula darah.

· Kurangi Asupan Lemak
Batasi konsumsi lemak jenuh, dan coretlah lemak trans dalam menu makanan dengan cara memilih daging tanpa lemak dan memeriksa label informasi gizi pada kemasan.

Source: Marguerite Lamb (Majalah Parenting Indonesia, Maret 2007)
Picture: www.amputee-coalition.org

Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/

09 Januari 2008

Tips: Menghargai Karyawan Sehari-hari


Bila anda beruntung menjadi seorang atasan, mungkin ada orang lain yang merasa kurang beruntung menjadi bawahan. Keluhan umum para bawahan adalah kurangnya perhatian dan penghargaan dari atasan mereka. Sayangnya banyak atasan menanggapi hal ini dengan mengira bahwa bawahan sedang minta kenaikan gaji. Padahal dalam banyak kasus, karyawan tahu kapan mereka semestinya meminta kenaikan gaji atau tidak. Sedangkan memberikan penghargaan tidak harus selalu mengeluarkan biaya dan dapat dilakukan sebagai kegiatan manusiawi sehari-hari. Dan, itu tak perlu harus susah payah dicantumkan dalam buku pedoman prosedur kerja perusahaan, karena sikap saling menghormati dan menghargai seharusnya ditumbuhkan sebagai sikap wajar untuk menciptakan lingkungan hidup dan kerja yang sehat dan menyenangkan.


Berikut disajikan tips ringan bagi para atasan untuk menghargai bawahan yang dapat diterapkan dalam kehidupan kerja sehari-hari. Memberikan penghargaan pada bawahan tidak hanya baik bagi mereka, juga baik bagi anda. Sebagai atasan, kepuasan anda diraih melalui keberhasilan bawahan.


1. Menyapa bila bertemu
Mungkin terdengar agak aneh, semestinya urusan sapa-menyapa tidak perlu diatur dalam hubungan atasan-bawahan, karena ini adalah hal wajar yang berlaku umum dalam hubungan antar manusia. Namun dalam prakteknya sapa-menyapa bisa terlupakan dalam hubungan kerja karena kesibukan atau beban "atasan-bawahan". Salah satu tugas atasan adalah menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dan itu dimulai dengan sapaan yang hangat. Sapalah bawahan anda sebagai tanda perhatian dan penghargaan anda atas keberadaan dan hubungan anda dengan mereka. Sapalah saat anda bertemu, di pagi hari, atau pulang kerja.


2. Ucapkan terima kasih atas pekerjaannya
Sebagai atasan anda mempunyai wewenang untuk memerintah, dan bawahan anda bertugas untuk memenuhi perintah itu. Tahukah anda, bahwa setelah menunaikan kewajibannya, bawahan mempunyai hak yang harus anda penuhi, yaitu penghargaan dalam bentuk ucapan terima kasih. Sampaikan terima kasih anda secara tulus dan segera.


3. Tampakkan wajah yang bersemangat
Tanggung jawab dan beban yang bertumpuk-tumpuk mungkin membuat anda tertekan, namun jangan biarkan tekanan diri anda membuat suasana kantor menjadi runyam. Sudah terlalu umum bahwa yang namanya atasan selalu menampakkan wajah tegang (kalau tidak boleh dibilang kusut) pada karyawannya, maka tampakkan wajah berseri-seri dan penuh semangat pada karyawan sebagai tanda penghargaan anda atas kerja mereka selama ini.


4. Tepukan di pundak
Berikan tepukan hangat di punggung, pundak atau pangkal lengan. Acungkan jempol atau bahasa tubuh lain yang menunjukkan penghargaan anda. Lakukan secara tulus. Anda tahu bagaimana perasaan yang timbul saat pundak anda ditepuk oleh atasan atau orang yang berpengaruh untuk menunjukkan pengakuan mereka. Bukankah, tanda pangkat diletakkan di pundak?


5. Dengarkan gagasan dan ide-idenya
Hargailah bawahan dengan menghargai gagasan dan ide-idenya. Seringkali perbaikan bisnis diperoleh dari karyawan yang berkecimpung dalam kegiatan praktis sehari-hari. Dengarkan secara seksama dan baik pada usulan dan pendapatnya. Bila anda perlu memberikan umpan balik, berikan itu sedemikian rupa tanpa menyurutkan semangatnya. Bila ide itu baik maka laksanakan dan berikan kredit pada karyawan yang bersangkutan.


6. Pujilah secara tulus dan terbuka
Saat bawahan berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik pujilah prestasinya secara tulus dan terbuka. Berikan pujian dengan tepat sesuai dengan keberhasilannya. Ini akan menumbuhkan kepercayaan dirinya untuk melakukan hal yang lebih baik kelak. Memberikan pujian tidak harus melalui upacara formal, semisal: "karyawan terbaik tahun ini".


7. Bekerja bersama-sama
Saat anda dan bagian anda harus menghadapi tugas berat yang menuntut kerja lebih keras, misal lembur atau dinas luar, maka cara anda menghargai kerja tersebut adalah dengan bersama-sama bekerja dengan mereka. Anda bisa melakukannya dalam ruang kerja anda atau tempat lain, asal anda dan mereka tampak bekerja bersama-sama. Jangan tinggalkan karyawan anda dalam kesulitan, sedangkan anda beristirahat di rumah. Bekerja bersama adalah kesempatan bagi anda untuk menunjukkan pada karyawan cara kerja yang bagaimanakah yang anda inginkan.


8. Berikan selamat atas keberhasilannya
Mungkin karyawan berhasil melakukan sesuatu yang baik di luar pekerjaannya, misal, mampu menjuarai turnamen olahraga, memenangkan lomba menulis atau terpilih menjadi ketua organisasi sosial. Berikan selamat padanya. Dengan menghargai prestasinya di luar kantor ia terdorong untuk menjaga prestasi tersebut di dalam kantor.


9. Traktirlah makan atau bawakan makanan kecil
Ada pepatah mengatakan, "makan bersama berlapang-lapang, makan sendiri berdesak-desak". Maksudnya, makan bersama melapangkan hubungan, sedangkan makan sendiri menunjukkan kesesakan hati karena kesendirian. Traktirlah bawahan anda makan bersama, atau bila belikan makanan ringan, sebagai perayaan kecil atas keberhasilan mereka, atau sekedar menunjukkan penghargaan anda atas kerja mereka.


10. Perhatikan keluarga dan kehidupan pribadinya
Tentu anda tidak harus ikut campur dalam urusan pribadi mereka, namun perhatian anda pada keluarga bawahan akan menumbuhkan kepercayaan mereka pada anda. Ingatlah nama istri atau anak bawahan anda, hari ulang tahun mereka, hadirilah undangan pernikahan mereka, jenguklah anggota keluarganya yang sakit, berikan ijin untuk tidak masuk bila mereka membutuhkannya. Bagaimana pun kehidupan pribadi takkan bisa lepas begitu saja dari kehidupan kerja. Bila anda memperkuat pengakuan kehidupan pribadinya, anda memperkuat kehidupan kerjanya juga.


Sumber : dari milis tetangga
Picture: us.fotolia.com

Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/

08 Januari 2008

Jual Handycam: Sony DCR-DVD608/E (Disc.25%)






Features:




  • 1/6-inch 800k (PAL) Pixels CCD


  • Direct recording on DVD media


  • Compatible with 8cm disc of DVD+R DL, DVD+RW, DVD-RW and DVD-R


  • Carl Zeiss Vario-Tessar Lens


  • 40x Optical/ 2000x Digital Zoom


  • 2 channel Sound Recording


  • 2.5 inch LCD Screen with Touch Panel


  • Memory Stick Duo Slot


  • Super SteadyShot


  • Super NightShot Plus


  • Colour Slow Shutter


  • PictBridge Compatible


  • Dimensions (W x H x D): 54.5 x 89 x 130.5 mm


  • Weight: 390 gms
PRICE LIST Rp. 4.899.000 (Harga resmi di Carrefour, Electronic City, Citybank Easypay)Disc 25% menjadi Rp. 3.675.000.

Hubungi: Yohanes, 0816-1426-431

Jual Rumah: Ciluar Bogor

Product:
Dijual rumah di komplek P&K, Ciluar - Bogor

Specification:
Luas Tanah 200M2, 3 kamar tidur, 1 garasi, 1 dapur.
PDAM & Sumur, telepon, listrik 900w

Price:
Rp 250 jt (nego).

Contact Person:
Erika, 08111-9800-80

01 Januari 2008

Tips: Manajemen Waktu Sederhana


Semua orang tahu akan pentingnya mengatur waktu, atau time management.
Sejak kita menyadari bahwa kita hanya mempunyai waktu yang terbatas selama sehari, sedangkan tugas-tugas yang harus diselesaikan begitu banyak, kita berpikir tentang bagaimana memanajemeni waktu. Memang benar setiap orang dianugerahi waktu yang sama banyaknya, namun tidak semua orang mendapat tanggung jawab yang sama besarnya.

Untuk itulah kita perlu mengatur waktu. Begitu pentingnya aspek manajemen waktu ini, kemudian timbul sebuah idiom yang terkenal bahwa waktu adalah emas; waktu adalah berharga. Manusia sendiri telah mengembangkan berbagai macam cara mengatur waktu.

Manusia juga menciptakan alat-alat untuk terus menyadarkan dirinya dengan waktu. Mulai dari alat penunjuk waktu, seperti jam, atau alat pengatur waktu, seperti alarm dan lain-lain. Manusia juga memproduksi alat-alat tersebut mulai dari yang sederhana sampai yang rumit hingga mampu mencatat waktu sepersekian detik. Terlepas dari semua itu, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita pegang untuk memanajemeni waktu, yaitu:

1. Ketahui kapan suatu tugas harus diselesaikan
Prinsip sederhana pertama adalah mengerjakan tugas berdasarkan prioritas.
Anda harus tahu kapan suatu tugas harus diselesaikan. Serta, tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Luangkan waktu di awal hari atau petang hari untuk menyusun kembali rencana-rencana penyelesaian tugas. Dan berpeganglah pada rencana-rencana itu.

2.Ketahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
Tapi tak cukup anda hanya tahu kapan tugas itu harus diselesaikan. Anda juga harus tahu berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas- tugas tersebut. Ini akan menuntunt anda untuk bersikap realistis terhadap rencana dan tugas-tugas anda. Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan anda dan team anda dalam menyelesaikan tugas.

3. Jangan terpaku pada lama waktu yang anda rencana
Jika anda merencanakan untuk menyelesaikan tugas dalam waktu dua jam, misalnya, maka jangan paku diri anda untuk menyelesaikannya dalam waktu tersebut. Akan jauh lebih baik jika anda berusaha menyelesaikannya dalam waktu yang lebih cepat. Dengan demikian anda bisa segera melompat ke pengerjaan tugas berikutnya.

4. Anda tak dapat mengerjakan dua tugas dalam satu waktu yang bersamaan
Salah satu kunci sederhana dalam manajemen waktu adalah fokus pada suatu aktivitas. Anda takkan bisa mengerjakan dua tugas sekaligus dengan intensitas perhatian yang sama. Mungkin anda merasa punya kemampuan "multitasking", namun tetap saja anda sendiri hanya bisa mengerjakan satu hal di satu waktu. Kemampuan "multitasking" sebenarnya merupakan salah satu seni melakukan delegasi tugas dan wewenang.

5. Tahan godaan untuk mengerjakan hal-hal yang kecil namun menyita waktu
Disiplin untuk tetap mengerjakan apa yang telah anda urutkan sesuai dengan prioritas. Sesekali anda tergoda untuk melakukan hal-hal kecil itu boleh-boleh saja, namun gunakan itu untuk refreshing dan menyegarkan Pikiran kembali. Tapi jangan sampai keterusan dan menyita lebih banyak waktu anda.Kembalilah melihat tugas-tugas anda.

6. Keep it simple
Tips sederhana manajemen waktu lain adalah bersikap efisien. Itu sama Halnya dengan "keep it simple". Tak perlu menghabiskan waktu untuk merumit-rumitkan sesuatu. Jika suatu pekerjaan bisa dibikin sederhana, mengapa harus dibuat sulit. Mudahkan saja, maka anda akan menemukan waktu lebih banyak lagi.

7. Gunakan alat bantu time manajemen
Jangan ragu untuk menggunakan alat-alat manajemen waktu. Sekarang sudah banyak dijual berbagai produk manajemen waktu, seperti agenda, to do list, dan lain-lain. Jika anda cukup canggih, anda bisa mendownload software time manajemen yang cukup banyak disediakan secara gratis.
Dan tetap giat, bahwa alat-alat itu bertugas untuk membantu anda mengatur waktu, bukan menghabiskan waktu anda.


Picture: bmasteryacademy.co.uk

Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/

Tips: Ringan Atasi Stress di Kantor


- Aturlah waktu kerja Anda dengan bijak
Aturlah waktu Anda di kantor berdasarkan kebutuhan Anda. Karena Anda tentu tahu kapan waktu untuk bekerja keras dan kapan waktu beristirahat dan santai. Saatnya kerja tentu Anda harus konsentrasi kerja. Dan waktu untuk bersantai, Anda pun harus santai. Sehingga Anda nggak akan stres hanya karena memikirkan pekerjaan.

- Manfaatkan waktu makan siang untuk refreshing
Setelah setengah hari bekerja, Anda tentu suntuk dan lapar. So, saat jam makan siang, selain mengisi perut manfaatkan waktu makan siang untuk menyegarkan pikiran dengan berkumpul bersama rekan atau sahabat Anda di kantor. Bicarakan hal-hal yang ringan selama makan siang bersama mereka. Dengarkan cerita-cerita humor yang sejenak. Refreshing singkat seperti ini terbukti ampuh untuk mengembalikan kesegaran pikiran Anda. Sehingga saat kembali ke kantor Anda sudah siap dengan energi dan semangat baru.

- Jangan biarkan tubuh Anda lelah
Sesibuk-sibuknya Anda jangan biarkan tubuh Anda kelelahan akibat kebanyakan duduk dan berpikir. Saat merasa lelah, lakukan peregangan tubuh dengan melakukan stretching ringan di tempat. Dengan cara meregangkan kedua tangan atau menggerakkan kepala ke kiri dan kanan. Lalu setiap satu setengah jam sekali, keluarlah sejenak dari ruangan untuk menghirup udara yang lebih segar.

- Dengarkan musik
Bagi banyak orang, musik terbukti ampuh untuk mengatasi stres. So, kalo Anda penikmat musik, dengarkan musik dari komputer Anda. Pilihlah lagu yang sesuai dengan selera Anda. Sambil bekerja andapun bisa sambil bersenandung. Asal jangan sampai mengganggu yang lain, no problem kan ?

- Manfaatkan waktu libur
Manfaatkan waktu libur untuk melenyapkan segala beban pekerjaan di kantor. Olahraga, memasak, berkebun ataupun tidur merupakan beberapa cara untuk mengisi waktu libur Anda. Dengan demikian, diharapkan Anda nggak akan dilanda stres, sekalipun Anda dikejar-kejar deadline. Satu lagi cara jitu menghindari stres adalah 'berpikir positif'. Ingat, jika Anda bisa menghindari stres, hidup Anda terasa lebih indah dan manusiawi. Anda pun merasa lebih sehat lahir batin. Percaya deh...


Picture: www.fi.edu

Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/

Tips: Mencintai Lingkungan di Kantor



Berikut beberapa tips ringan untuk cinta lingkungan di kantor:
1. Pastikan semua peralatan kantor dimatikan ketika malam hari atau pada saat akhir minggu
2. Matikan layar komputer apabila sedang beristirahat makan siang
3. Matikan lampu ketika ruangan tidak digunakan
4. Hemat kertas (dan juga energi yang digunakan saat memproduksinya) dengan mencetak dikedua sisi dan dengan menggunakan kembali kertas bekas
5. Belilah perangkat kantor, seperti komputer, printer, dan mesin fotokopi yang hemat energi
6. Gunakan email lebih sering untuk menghemat kertas
7. Batasi penggunaan kendaraan bermotor untuk berangkat ke kantor, sesekali naik angkutan umum atau berjalan kaki untuk jarak yang pendek adalah langkah bijaksana. Selain hemat energi, hal ini akan membuat Anda bugar!
8. Pilihlah kendaraan yang penggunaan bahan bakarnya hemat dengan jenis bahan bakar yang bersih (seperti pertamax, BBG, bio-diesel, dan bensin 4 tak utk motor).
9. Apabila harus menggunakan mobil, matikan mobil apabila menunggu lebih dari 30 detik
10. Cek tekanan ban mobil, karena apabila tekanan kurang 0,5 bar dari normal akan meningkatkan penggunaan bahan bakar sebesar 5%
11. Usahakan untuk tidak memanaskan mobil dalam posisi berhenti. Mobil akan lebih cepat panas apabila dikendarai, sehingga Anda akan menghemat bahan bakar
12. Turunkan bagasi apabila Anda tidak membutuhkannya lagi, karena 100 kilo beban akan menambah penggunaan 1 liter bahan bakar lebih banyak dalam jarak 100 km
13. Minta petugas pembersih untuk menggunakan bahan yang ramah lingkungan
14. Gunakan gelas atau cangkir, bukan dari bahan kertas


Picture: keetsa.com

Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/

Tips: Mencintai Lingkungan di Rumah


Berikut beberapa tips sederhana sebagai wujud cinta lingkungan di rumah:
1. Matikan semua lampu dan peralatan elektronik bila tidak diperlukan
2. Jangan meninggalkan alat elektronik dalam keadaan stand-by. Mereka masih mengonsumsi listrik!
3. Memanaskan air untuk membuat kopi atau teh? Seperlunya saja.
4. Perlu membeli mesin cuci, kulkas, mesin pencuci piring, atau oven, pilih model yang paling hemat energi yang mampu Anda beli
5. Nyalakan pemanas air listrik untuk mandi beberapa saat sebelum digunakan dan segera matikan bila tidak dipakai lagi
6. Bersihkan saringan penghisap debu. Saringan yang tersumbat menyebabkan motor bekerja lebih berat sehingga menggunakan lebih banyak listrik
7. Pilih lampu yang tepat: daya dan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Pemanfaatan cahaya alami yang optimal. Lampu dan rumah lampu dijaga selalu bersih
8. Ganti lampu yang Anda gunakan dengan lampu hemat energi. Lampu jenis ini menggunakan energi 80% lebih sedikit dan berumur sampai 10 kali lipat lebih panjang dibandingkan lampu biasa. Harganya memang lebih mahal, tetapi Anda dapat menghemat biaya listrik.
9. Sesuaikan jumlah titik dan daya (Watt). Menggunakan banyak titik lampu dengan daya rendah akan lebih hemat energi dan baik untuk kondisi mata dibandingkan menggunakan 1 titik dengan daya besar.
10. Pintu lemari es harus ditutup rapat dan hanya dibuka seperlunya. Jangan masukan makanan dan minuman yang masih panas kedalam kedalam lemari es. Jauhkan lemari es dari sumber panas. Isilah lemari es secukupnya. Bersihkan kondensor secara teratur.
11. Matikan AC bila ruangan tidak digunakan. Atur suhu AC sesuai kebutuhan (sebaiknya tidak lebih dingin 5 derajat dari suhu luar), karena semakin dingin suhu semakin banyak energi listrik yang diperlukan. Hindari kebocoran udara luar. Pakailah timer switch untuk mengatur pemakaian sesuai kebutuhan.
12. Gunakan mesin cuci hanya apabila cucian banyak. Gunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya, isi air sesuai petunjuk. Hindari penggunaan pengering listrik, gunakan panas matahari untuk pengeringan secara alami.
13. Gunakan pompa air untuk mengisi tempat penampungan air, bukan untuk menyalurkan air. Gunakan penampung air otomatis sehingga aliran listrik akan terputus/pompa berhenti bekerja jika bak sudah penuh
14. Pisahkan sampah sisa makanan, sampah plastik, sampah kertas, dan sampah kaleng atau botol. Sampah plastik, kertas dan kaleng atau botol dapat kita jual kembali untuk didaur ulang, atau langsung diserahkan pada pemulung (sekalian beramal)
15. Bersihkan botol dan kaleng bekas untuk dijadikan wadah alat tulis, atau prakarya buah hati anda
16. Pastikan tidak ada keran yang bocor
17. Mencuci piring dengan baskom dan mencuci mobil dengan ember, bukan keran air yang mengalir
18. Jangan buang bensin, cat, atau cairan kimia ke tanah atau saluran pembuangan
19. Gunakan kain lap, bukan tissue
20. Tanamlah pohon. Pohon memberikan keteduhan dan kesegaran
21. Pelihara kendaraan dengan baik. Filter yang baik dapat menghemat bensin 9%
22. Berbelanjalah dengan membawa kantong/tas dari rumah. Pemakaian kantong plastik akan menambah sampah

Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/