08 September 2008

Dari Hati: Hari Pelanggan Nasional

Coba, berapa banyak dari kita yang tahu dan mengetahui kalau kemarin tanggal 4 September 2008 adalah Hari Pelanggan Nasional?

Sebagai karyawan yang bekerja pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa, mungkin saya "agak" beruntung bisa tahu sedikit tentang hal ini :)

Seharian kemarin kami di kantor ada banyak aktifitas, mulai dari quiz via email dengan pertanyaan-pertanyaan seputar pelayanan kepada pelanggan (hadiahnya lumayan banyak & gede) hingga ada special greeting di setiap mengakhiri pembicaraan via telepon dengan mengucapkan "Selamat Hari Pelanggan Nasional"...

Nah yang lucunya lagi, saya didapuk alias kejatuhan durian runtuh menjadi PIC semacam Customer Care Coordinator untuk divisi tempat saya bernaung (IT). Walah... Timbul pertanyaan juga, kenapa teman-teman Customer Care Dept. (atas sepengetahuan & seijin atasan saya tentunya) memilih saya menjadi "duta" di dalam divisi ini??

Dalam benak saya paling tidak ada 2 jawaban yang masuk akal:
1. Atasan menilai saya orang yang paling rendah load kerjanya di divisi ini
2. atau selama ini saya dipandang sebagai pribadi yang paling care terhadap segala sesuatu yang berurusan dengan pelayanan kepada "customer"

Karena saya termasuk positive thinking people, ya saya anggap jawaban nomor 2 yang paling sesuai :) Kalau kata iklan rokok ya "Enjoy aja..."

Over all, memang agak kurang compatible buat orang-orang non-Sales Person seperti saya, yang tiap hari kerjaannya stay di belakang meja, di kantor pusat pula. Sehingga konsep pelanggan ini menjadi agak sedikit blur. But, yang terpenting untuk selalu diingat adalah "Next process is our customer" dan lakukan "hanya" yang terbaik untuk customer Anda, siapapun dia.

"Selamat Hari Pelanggan Nasional 2008"

(Syam Wasito)

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar