14 Januari 2008

Tips: Stop Diabetes Sebelum Muncul


Tahukah Anda bahwa kebanyakan orang yang mengidap diabetes mellitus type 2 sebenarnya sudah berpotensi mengalami kondisi berbahaya yang disebut prediabetes selama 5-10 tahun sebelum terdiagnosis? Siapa yang berisiko tinggi: Mereka yang kegemukan dan memiliki riwayat keluarga pengidap diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol HDL (“baik”) rendah, serta tinggi trigliserida. Juga Mama yang menderita diabetes saat hamil, kegemukan atau melahirkan bayi yang bobotnya lebih dari 4,5Kg cenderung mengalami prediabetes. Berikut ini cara mengurangi risiko terkena penyakit tersebut:

· Olahraga
Membantu tubuh menyeimbangkan kadar gula darah dan membuat tubuh tetap bugar. Lakukan olahraga berintensitas tinggi selama 30 menit (bersepeda, jogging) atau 60 menit olahraga berintensitas sedang (berjalan) sebanyak 5 kali seminggu.

· Perbanyak Serat
Serat, terutama digabung dengan olahraga dan penurunan berat badan, bisa mengurangi risiko Anda terkena diabetes selama hamil atau diabetes type 2. Sayuran, buah, roti gandum, dan sereal termasuk tinggi serat.

· Batasi Karbohidrat Sederhana
Gula putih dan roti putih bisa meningkatkan kadar gula darah.

· Kurangi Asupan Lemak
Batasi konsumsi lemak jenuh, dan coretlah lemak trans dalam menu makanan dengan cara memilih daging tanpa lemak dan memeriksa label informasi gizi pada kemasan.

Source: Marguerite Lamb (Majalah Parenting Indonesia, Maret 2007)
Picture: www.amputee-coalition.org

Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

1 komentar:

  1. Infonya bermanfaat sekali, memang kesehatan adalah 'harta' yang paling berharga di dunia.
    Apa kabar pak Syam, lama tak jumpa...
    Ayo reuni...

    BalasHapus