01 Januari 2008

Tips: Mencintai Lingkungan di Rumah


Berikut beberapa tips sederhana sebagai wujud cinta lingkungan di rumah:
1. Matikan semua lampu dan peralatan elektronik bila tidak diperlukan
2. Jangan meninggalkan alat elektronik dalam keadaan stand-by. Mereka masih mengonsumsi listrik!
3. Memanaskan air untuk membuat kopi atau teh? Seperlunya saja.
4. Perlu membeli mesin cuci, kulkas, mesin pencuci piring, atau oven, pilih model yang paling hemat energi yang mampu Anda beli
5. Nyalakan pemanas air listrik untuk mandi beberapa saat sebelum digunakan dan segera matikan bila tidak dipakai lagi
6. Bersihkan saringan penghisap debu. Saringan yang tersumbat menyebabkan motor bekerja lebih berat sehingga menggunakan lebih banyak listrik
7. Pilih lampu yang tepat: daya dan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Pemanfaatan cahaya alami yang optimal. Lampu dan rumah lampu dijaga selalu bersih
8. Ganti lampu yang Anda gunakan dengan lampu hemat energi. Lampu jenis ini menggunakan energi 80% lebih sedikit dan berumur sampai 10 kali lipat lebih panjang dibandingkan lampu biasa. Harganya memang lebih mahal, tetapi Anda dapat menghemat biaya listrik.
9. Sesuaikan jumlah titik dan daya (Watt). Menggunakan banyak titik lampu dengan daya rendah akan lebih hemat energi dan baik untuk kondisi mata dibandingkan menggunakan 1 titik dengan daya besar.
10. Pintu lemari es harus ditutup rapat dan hanya dibuka seperlunya. Jangan masukan makanan dan minuman yang masih panas kedalam kedalam lemari es. Jauhkan lemari es dari sumber panas. Isilah lemari es secukupnya. Bersihkan kondensor secara teratur.
11. Matikan AC bila ruangan tidak digunakan. Atur suhu AC sesuai kebutuhan (sebaiknya tidak lebih dingin 5 derajat dari suhu luar), karena semakin dingin suhu semakin banyak energi listrik yang diperlukan. Hindari kebocoran udara luar. Pakailah timer switch untuk mengatur pemakaian sesuai kebutuhan.
12. Gunakan mesin cuci hanya apabila cucian banyak. Gunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya, isi air sesuai petunjuk. Hindari penggunaan pengering listrik, gunakan panas matahari untuk pengeringan secara alami.
13. Gunakan pompa air untuk mengisi tempat penampungan air, bukan untuk menyalurkan air. Gunakan penampung air otomatis sehingga aliran listrik akan terputus/pompa berhenti bekerja jika bak sudah penuh
14. Pisahkan sampah sisa makanan, sampah plastik, sampah kertas, dan sampah kaleng atau botol. Sampah plastik, kertas dan kaleng atau botol dapat kita jual kembali untuk didaur ulang, atau langsung diserahkan pada pemulung (sekalian beramal)
15. Bersihkan botol dan kaleng bekas untuk dijadikan wadah alat tulis, atau prakarya buah hati anda
16. Pastikan tidak ada keran yang bocor
17. Mencuci piring dengan baskom dan mencuci mobil dengan ember, bukan keran air yang mengalir
18. Jangan buang bensin, cat, atau cairan kimia ke tanah atau saluran pembuangan
19. Gunakan kain lap, bukan tissue
20. Tanamlah pohon. Pohon memberikan keteduhan dan kesegaran
21. Pelihara kendaraan dengan baik. Filter yang baik dapat menghemat bensin 9%
22. Berbelanjalah dengan membawa kantong/tas dari rumah. Pemakaian kantong plastik akan menambah sampah

Dapatkan 1001 tips lainnya di http://www.serambi-tips.co.nr/

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar